Penderita Mata Ikan

Penderita Mata Ikan – Penyakit mata ikan atau yang biasa dikenal dengan nama clavus atau corn adalah penebalan kulit karena akibat tekanan dan gesekan yang bisa terjadi berulang kali. Mata ikan biasanya berukuran lebih kecil di bandingkan pada kapalan dan memiliki bagian tengah yang keras (keratin) yang dikelilingi kulit yang meradang. Penebalan yang berlebihan pada bagian kulit yang akan berubah menjadi mata ikan juga akan merasakan nyeri. Bagian tubuh yang paling sering muncul formasi mata ikan adalah pada bagian kaki.

Penderita Mata Ikan

Penderita Mata Ikan

Cara berjalan, tipe alas kaki, jenis aktivitas dan bahkan berat badan bisa mempengaruhi bentuuk dan lettak tumbuhnya mata ikan. Selain itu, jenis gerakan yang lebih sering dilakukan berulang kali juga akan bisa menyebabkan munculnya mata ikan. Mata ikan lebih sering menimpa wanita dibandingkan pria, karena wanita lebih sering menggunakan sepatu yang longgar dan ukurannya yang tidak nyaman.

Penyebab Mata Ikan

Penyakit mata ikan yang disebabkan oleh virus human pappiloma virus (HPV). Virus HPV ada dua jenis yakni pada HPV-1 dan HPV-2 yang menyerang pada kaki, HPV-1 menyerang pada kaki, dan HPV-2 menyerang pada tangan. Penyebab lain dari pada mata ikan adalah adanya tekanan atau gesekan yang terus menerus pada daerah tertentu pada kulit. Penyakit ini harus cepat diobati karena mengalami borok yang menjadi infeksi. Keadaan yang ada bisa memburuk jika penderita adalah orang yang gemuk dan menggunakan alas kaki yang sempit sehingga tekanan berlipat ganda pada telapak kaki. tekanan dan gesekan yang terus menerus pada satu anggota tubuh dapat menyebabkan mata ikan. Seperti misalnya pada penggunaan palu yang konstan pada tukang kayu bisa menebalkan kulit telapak tangan dan berisiko mata ikan tumbuh di sana.

Penderita mata ikan bisa juga timbul pada penderita diabetes yang disebabkan kelainan saraf pembuluh darah. Pada penderita penyakit diabetes, resiko terkena komplikasi akibat mata ikan lebih tinggi dibandingkan dengan tidak mengidap diabetes. Jika anda ingin menghilangkan mata ikan, dan anda merupakan penderita diabetes, maka dianjurkan untuk konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum anda melakukan tindakan terdapat mata ikan tersebut. karena mata ikan itu hanya luka kecil, namun bisa berubah menjadi borok yang  sangat sulit untuk di sembuhkan.

Gejala Penderita Mata Ikan

Ada dua jenis mata ikan yaitu:

  • Mata ikan keras. Ini adalah jenis mata ikan yang paling sering ditemui. Berukuran seperti kacang dengan tonjolan keras dan kecil di bagian tengah. Mata ikan jenis ini bisa menimbulkan rasa nyeri dan pembengkakan.
  • Mata ikan lunak. Merupakan jenis mata ikan yang memiliki warna keputihan dan bertekstur lunak. Jenis ini biasanya muncul di antara jari kaki ketika kulit kaki basah karena keringat. Mata ikan lunak terasa sangat sakit dan kadang bisa terinfeksi oleh bakteri atau jamur.

Kedua jenis mata ikan tersebut memiliki gejala yang sama, yaitu:

  • Adanya area kulit yang terasa tebal dan kasar.
  • Muncul benjolan yang membesar dan mengeras.
  • Rasa nyeri di dalam kulit.
  • Kulit bersisik, kering, atau berminyak.

Mata ikan yang terinfeksi bisa terasa nyeri, meradang, berisi nanah atau cairan bening. Peradangan yang terjadi bisa menyebar ke bagian kaki lainnya. Sama seperti kapalan, mata ikan baru terasa nyeri ketika berjalan atau mengenakan sepatu.

Cara Menghilangkan Mata Ikan

Saat ini memang banyak sekali pada penjualan obat mata ikan yang di apotek, seperti keratolik, callusol, dan sebagainya. Namun sebaiknya anda bisa dengan melakukan untuk mengobati bagi penderita mata ikan dengan bahan alami dan tradisional, diantara lain :

  • Getah Kamboja

Cara menghilangkan mata ikan di telapak kaki dan tangan bisa dengan menggunakan getah kamboja. Sejak jaman dahulu, getah dari pohon yang bisa tumbuh di area pemakaman ini memang terkenal sebagai obat penyakit kulit yang mujarab. Untuk mengobatinya pertama kali dengan bersihkan dulu area yang terkena mata ikan seperti, oleskan getah kamboja di area tersebut dengan merata. Lakukanlah pengobatan ini secara rutin hingga mata ikan pun akan menghilang.

  • Daun Dewa

Untuk menghilangkan bagi penderita mata ikan dengan menggunakan daun dewa, yang memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal, salah satunya yaitu untuk menyembuhkan mata ikan. Caranya ambilah 5 helai daun dewa kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu balurkan pada area kulit yang terkena mata ikan secara merata. Balutlah dengan perban dan usahakan agar daerah tersebut tidak digunakan untuk aktivitas terlebih dahulu.

  • Bawang Putih

Bagi penderita mata ikan bisa dengan menggunakan bahan bawang putih. Selain identik sebagai pengusir vampir pada film-film mandarin. Bawang putih ternyata juga dapat digunakan sebagai obat mata ikan di telapak kaki dan tangan. Dengan cara ambil satu siung bawang putih kemudian tumbuh halus. Setelah halus, barulah oleskan ke seluruh permukaan kulit yang terkena penyakit bagi penderita mata ikan. Setelah itu, balutlah dengan menggunakan perban atau kain kasa. Dalam beberapa hari, mata ikan akan mulai membaik dan akhirnya sembuh secara total.

  • Cuka Apel

Sama seperti pada penggunaan bahan lemon, cuka sari apel dapat membantu dalam menghaluskan daerah kulit yang terkena mata ikan sebelum di gosok dengan batu apung. Caranya dengan cukup rendam daerah mata ikan tersebut selama kurang lebih 20 menit di cuka apel. Setelah itu gosok dengan menggunakan batu apung.

Lakukan aktivitas pengobatan ini secara rutin selama 3 kali sehari. Banyak orang yang mengatakan mata ikan akan lepas dengan menggunakan trik ini. Setelah beberapa hari mata ikan pun akan kering dan terlepas sendiri.

Penderita Mata Ikan


=====================================

>>> Plester Obat Kutil / Mata Ikan Untuk Mengobati Penyakit Kutil / Mata Ikan, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Mata Ikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *