Penyebab Mata Ikan

Mata ikan atau dalam bahasa medis disebut dengan klavus adalah penebalan pada kulit yang biasanya tumbuh pada permukaan kaki. Timbulnya mata ikan disebabkan oleh tekanan dan gesekan terus-menerus di bagian kaki. Mata ikan sangat mengganggu dan membuat kaki merasa tidak nyaman. Bukan hanya itu, mata kan juga berhubungan dengan salah satu penyakit lain, salah satunya adalah gangguan saraf. Oleh sebab itu, mata ikan perlu ditangani dengan cepat.

Menurut dr.Irawati Hawari, Sp.S, spesialis saraf dari Mental health Center Hawari & Associates, Jakarta, mengungkapkan bahwa mata ikan terjadi karena adanya kelainan saraf pada pembuluh darah. Gejala yang timbul adalah nyeri kronis dan luka permukaan kaki. Terkadang, rasa nyeri ini disebabkan oleh gangguan saraf tepi. Pada penderita diabetes, mata ikan juga dapat timbul namun komplikasi yang dihadapi lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengidap diabetes.

Sementara itu Riani Susanto, ND, CT, ahli naturopati di Jakarta, menuturkan penyebab mata ikan yaitu tumpuan berat tubuh tidak seimbang. Bisa juga dikarenakan infeksi bakteri streptococcus dan kebasaan tubuh tidak seimbang.

Karena itu, bagi penderita mata ikan dianjurkan untuk :

1. Menjaga keseimbangan kadar asam basa dengan meminum jus sayuran
2. Menghindari makanan yang berminyak dan manis.
3. Oleskan tree oil atau campuran vitamin E dengan bawang putih yang dihaluskan, lalu pakai kaus kaki 100 persen katun.


=====================================

>>> Plester Obat Kutil / Mata Ikan Untuk Mengobati Penyakit Kutil / Mata Ikan, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Mata Ikan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>